Al-Qur’an itu Tidak Akan Membuat Kalian Susah atau Menderita

Al-Qur’an itu Tidak Akan Membuat Kalian Susah atau Menderita
ahmadsuhari

Janji Allah itu pasti, tiada yang lebih benar perkataannya kecuali Allah, tiada yang lebih menepati janji kecuali Allah. Al-Qur’an itu diturunkan bukan untuk membuat kalian susah atau menderita, justru sebaliknya ia akan membuat hidup semakin mudah, bahagia, damai, tenang, tentram dan indah. Begitulah pernyataan Allah dalam surat Thaha.

Semakin mengakrabi Al-Qur’an maka akan semakin bahagia. Semakin banyak meluangkan waktu bersama Al-Qur’an maka urusan akan semakin dipermudah. Mencoba untuk tetap bertahan dan bersabar ketika mentilawahinya maka akan semakin tenang hati dan jiwa. Hati yang keras dan membatu pun akan luluh jika mendengarkan Al-Qur’an dengan seksama, begitulah hidayah menyinari hati Umar bin Khattab ketika mendengarkan surat Thaha ini.

Logika manusia beranggapan jika meluangkan banyak waktu bersama Al-Qur’an hanya akan membuatnya repot, sisa waktunya menjadi sedikit dan akan banyak pekerjaan yang terbengkalai. Namun kenyataannya tidaklah demikian.

Contoh sederhana, jika ada 2 orang yang menempuh perjalanan, yang satu diberikan peta atau petunjuk jalan, sedangkan yang satu lagi berjalan tanpa petunjuk dan arahan. Kira-kira mana diantara mereka yang akan sampai tujuan terlebih dahulu? Tentu saja yang membawa petunjuk jalan akan cepat sampai. Bahkan tidak hanya itu saja, ia pun akan berjalan dengan hati yang tenang tanpa rasa takut ataupun khawatir, tidak bingung ataupun gelisah.

Sedangkan yang berjalan tanpa arahan atau bimbingan, selain memperlama waktu, ia pun berjalan dalam kebingungan bahkan bisa jadi ia tersesat. Begitulah jika kita mengawali hari dengan Al-Qur’an, mengisi waktu-waktu kita dengan Al-Qur’an, maka Allah akan memberikan petunjuk dan kemudahan dalam segala urusan, sisa waktu kita akan menjadi barokah.